Pacaran dan Mengatasi Rasa Cemburu

Sejak kecil kita sudah mengenal perasaan cemburu. Ingat ketika ayah kita membelikan mainan yang lebih bagus kepada adik atau kakak kita? Lalu perasaan yang muncul adalah seperti merasa tidak dipedulikan, merasa tidak lebih spesial, dan bila dikompilasikan dalam satu kata, perasaan-perasaan semacam itu adalah rasa cemburu. Dan perasaan cemburu itu adalah manusiawi adanya.

Setelah beranjak dewasa, rasa cemburu kini memiliki wadah yang baru. Seringkali kita menemui rasa cemburu adalah di dalam hubungan pacaran. Anda merasa cemburu ketika pacar Anda lebih memilih menghabiskan akhir pekan bersama teman-temannya. Anda merasa cemburu juga saat mantannya kembali menghubungi pacar Anda. Anda juga merasa cemburu ketika tahu pacar Anda sedang berduaan dengan yang lain.

Pacaran dan cemburu seakan sebuah paket yang sudah tersistemasi dan tidak dapat dipisahkan. Intinya, jika Anda pacaran, Anda harus siap cemburu. Tapi sering juga rasa cemburu ini malah merusak hubungan pacaran. Mengapa bisa begitu? Jawabannya Adalah rasa cemburu yang terlalu berlebihan. Ketika Anda sedang dalam masa pacaran, rasa cemburu yang berlebihan akan menyebabkan insecurity, sehingga cenderung banyak pasangan adalah posesif atau berujung menjadi sebuah pertengkaran.

Seseorang yang tengah dihantui rasa cemburu yang membabi buta malahan selalu digelapkan dan tak mengenal belas kasihan. Tak heran bila banyak berita yang menyiarkan tentang saling bunuh-bunuhan hanya karena rasa cemburu buta. Mengerikan, bukan? Saya harap rasa cemburu yang demikian tidak terjadi pada Anda.

Agar hal-hal tersebut tidak terjadi dalam pacaran, maka Anda harus mengatasi rasa cemburu yang berlebihan itu. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, mengatasi dan mengontrol rasa cemburu adalah hal yang bisa dilakukan oleh semua pasangan.

Yang saya bicarakan bukanlah menghilangkan rasa cemburu. Karena jelas, rasa cemburu keberadaannya harus tetap dilestarikan dalam pacaran. Jika tidak, maka Anda dan pacar Anda akan kehilangan chemistry, yang nantinya pacaran yang Anda jalani akan terasa hambar dan dingin. Karena justru cemburu adalah sebuah simbol  di mana Anda dan kekasih Anda merasa ingin saling dimiliki, merasa ingin saling disayangi.

Lalu bagaimanakah rasa cemburu yang baik itu, dan bagaimana caranya mengatasi rasa cemburu?

1.      Sadari kecemburuan Anda

Anda harus sadar jika Anda sedang cemburu. Anda harus sadar apa yang menjadi penyebabnya. Jika Anda tidak sadar Anda tengah cemburu maka Anda akan terus menganggap Anda sedang normal-normal saja. Ingat, pacaran juga adalah tentang menyadari posisi diri anda sendiri.

2.      Hubungan sebab dan akibat

Sekarang waktunya menelaah, apakah penyebab Anda cemburu layak untuk dijadikan bahan tumbuhnya rasa cemburu? Jika rasa cemburu muncul hanya karena pacar Anda yang sedang memilih untuk sibuk dengan keluarganya, maka itu tidak terlalu layak untuk dikategorikan cemburu.

3.      Tunjukkan dengan dewasa

Saat Anda sedang cemburu, Anda biasanya akan terlihat kekanak-kanakan. Wajar, karena perasaan semacam ini selalu identik dengan anak kecil. Maka, jika ingin menunjukan rasa cemburu ini, tunjukkan dengan cara yang dewasa. Coba Anda bilang padanya “sebetulnya aku bete benget kamu begitu.. tapi gak jadi deh marahnya aku tiba-tiba dapet ide baru nih yaudah deh, aku pergi dulu ya..”. Dengan begitu, pacar Anda malah penasaran dengan apa yang sebetulnya terjadi dengan Anda.

4.      Keduanya harus cemburu

Ingat, pacaran adalah hubungan dua insan. Jadi rasa cemburu yang muncul harus dari keduanya. Bukan dari Anda saja atau dari si dia saja. Jika Anda pernah merasa cemburu pada pacar Anda, maka tak ada salahnya buat si dia juga cemburu pada Anda. Yang saya maksud bukan tentang perang kecemburuan. Tapi ini lebih berbicara tentang keseimbangan.

5.      Pengalihan rasa

Jika Anda merasakan rasa cemburu yang tengah anda alami terlalu berlebihan, maka sebaiknya tidak disarankan untuk langsung mengeksekusi rasa cemburu tersebut sesegera mungkin. Biarkan dulu mereda sampai Anda merasa santai. Sebaiknya alihkan rasa cemburu itu dengan main air soft gun misalkan, atau mungkin curhat. Untuk curhat, saya sarankan Anda curhat pada orang-orang yang ahli tentang rasa cemburu.

Bagaimanapun caranya, demi pacaran yang Anda jalani menjadi pacaran yang sehat, Anda harus mengontrol rasa cemburu itu. Pacaran adalah tentang strategi agar tetap saling bersama, bukan? Ya, itulah mengapa anda perlu belajar tentang strategi pacaran.

Sahabat Anda,

Lafa Green

17 Comments
  1. bagaimana jika pacar kita yang sekarang masih sering komunikasi entah lewat HP ato Jejaring sosial…
    yang menjadi pertanyaan Bagaimana Caranya saya untuk mengatakan kepada dia klok saya sedang cemburu,sedangkan saya tidak suka mengatakanya dengan cara meledak-ledak..??

    bagaimana menurut anda?

    • yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa anda harus cemburu? jika Anda adalah pria yang tahu kualitas diri Anda dan yakin bahwa Anda lebih baik dari pria yang Anda cemburui itu, Anda tidak akan merasa insecure dan cemburu.

      Jika Anda merasa “tidak lebih baik” di banding pria yang Anda cemburui itu, then saatnya untuk memperbaiki diri dan menambah nilai2 dalam hidup Anda :)

  2. jdi gini saya kan suka ol di fb,, dia selalu salah paham ,, gimana seh caranya agar dia tidak salah paham dan tidak cemburu

  3. pacar saya itu orang nya suka tebar pesona sm cewek lain, selalu saja ada hal yg aneh yg membuat saya cemburu. dia suka bermain dgn cewe lain di dpn saya. klo cm main biasa2 aja sih gpp, tp klo udh berlebihan, psti cemburu lah.
    apa yg hrs saya lakukan..?

  4. Gimana kalo rasa cemburu saya sampe diartikan mengekang dan mengurung? dia jdi ga pnya temen. Sbnrnya sepele aj, gra2 ada komitmen buat ga mbncengin lawan jenis, tp tb2 akhrnya mboncengin dgan jarak yg jauh pdhal saya aja ga penh sgto jauhnha klo mbnceng, nah saya jdi marah2, tp dy mbalik marahin saya. Akhirnya hbgan kami buruk gara2 ce 1 itu yg dboncengin..

  5. ane setuju gan ama pertanyaan,
    saya juga pnya pngalaman kyag gtu, saya juga pnya pacar kyag gtu, yaitu suka bget ama jejaring sosial sperti whatApp, BBm, dll,,
    lantas saya merasakan rasa cemburu ituuu,., pdhal saya belum tau apa yang dilakukan cewek sya dalam jejaring sosial tersebuttt…
    bgaimana saya mengkomunikasikan ke cewek saya, kalok saya agak cemburu terhadap apa yg dilakukan cewek saya tersebut????

  6. Saya cemburu dengan pacar saya karna sekarang dia lagi ada di rumah sakit, dan saya baru pulang dari sana menjenguknya, lalu saya mendapat pesan dari kakak pacar saya kalo sahabat saya datang juga menjenguknya lalu dia akan menginap di rumah sakit, padahal di sana sudah ada ibu pacar saya yang menemani pacar saya di sana. Sampai sekarang saya belum tau ada hubungan apa teman saya itu dengan pacar saya, aku perhatikan mereka cukup akrab terlebih sekarang pacar saya sakit. Saya sudah mencoba untuk memberikan perhatian lebih dari yang di berikan teman saya itu. Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara untuk menenangkan pikiran saya agar tidak terlalu cemburuan, karna jika saya tanyakan langsung pada pacar saya ada hubungan apa dia dengan teman saya itu, sangat tidak mungkin karna melihat kondisi pisik dan mentalnya yang lemah karna sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>